Home » Berita

FOOD INFORMATION P002

Date : 18 August 2014

 

No

Tanggal

18-08-2014

1

Judul Notifikasi

Recall produk Spices McCormick Ground Oregano dari United States karena produk diduga terkontaminasi Salmonella

2

Sumber Informasi

International Food Safety Authorities Network (INFOSAN) dan US-Food and Drug Administration (UD-FDA)

3

Produk

McCormick® Ground Oregano 0.75 oz bottle

4

Nama Produk dan Deskripsi

 

Nama Produk: McCormick Ground Oregano
Kemasan produk : Botol 0.75 oz

UPC 5210000356

Best By date of AUG 21 16 H or AUG 22 16 H

Note: produk lain dengan masa berlaku selain yang disebutkan di atas adalah aman untuk dikonsumsi sehingga tidak termasuk dalam recall.

 


5

Bahaya yang diidentifikasi

Salmonella adalah suatu organisme yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksisalmonellamungkin menderita demam tinggi, diare, mual bahkan muntah dan sakit perut. Terkadang, infeksi salmonella dapat menyebabkan organisme masuk ke aliran darah menghasilkan penyakit yang lebih parah.

6

Dasar Notifikasi

-    McCormick & Company, Inc melakukan penarikan secara sukarela terhadap produknya yang dikemas botol pada tanggal 13 Agustus 2014. Pernarikan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan rutin Food And Drug Administration (FDA) dimana diduga kemungkinan terdapat kontaminasi Salmonella. Sampai saat ini, tidak ada korban akibat peredaran produk ini. Penarikan ini tidak berdampak kepada produk lainnya seperti McCormick Ground, Whole or Oregano Leaves Products. Perusahaan melakukan penarikan terhadap seluruh produknya yang diekspor ke berbagai negara

7

Tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah

-    INRASFF NCP melakukan koordinasi dengan CCP di Badan POM untuk melakukan traceability, identifikasi distribusi produk di Indonesia dan produk yang beredar di pasaran.

 

-    Berkoordinasi dengan INFOSAN, US-FDA dan kontak poin terkait di dalam maupun di luar negeri

8

 

Tindakan yang dilakukan importir

 

Importir telah melakukan precautionary action dengan tidak mengimpor produk yang terkontaminasi dan mengganti dengan lot produk yang lain.

9

Saran ke Distributor/ pedagang

Distributor/ pedagang agar tidak menjual produk tersebut dan dikembalikan kepada importir serta menginformasikan kepada sekretariat inrasff via email (inrasff@pom.go.id)

10

Saran kepada Konsumen

-    Konsumen yang sudah membeli produk (seperti yang tercantum pada point.3 Nama dan Deskripsi Produk) agar tidak mengonsumsi produknya tetapi dimusnahkan.

-    Konsumen yang merasakan Kejang perut, diare, menggigil, demam, mual, muntah, lemah setelah mengonsumsi produk tersebut (6 sampai 72 jam, pada umunya 18 – 36 jam) disarankan mendatangi Unit Pelayanan Kesehatan terdekat dan menginformasikan kepada sekretariat inrasff via email (inrasff@pom.go.id).

11

Informasi lebih lanjut

http://www.fda.gov/Safety/Recalls/ucm410107.htm

 


Hints : 3081

Berita Lainnya ...