Home » Berita

FOOD INFORMATION P001

Date : 12 August 2014

 

No

Tanggal

18-08-2014

1

Judul Notifikasi

Recall produk buah segar/ kemasan buah Persik, Plum, Nectarines, dan Pluot yang diimpor dari United States karena produk diduga terkontaminasi Listeria monocytogenes

2

Sumber Informasi

International Food Safety Authorities Network (INFOSAN) dan US-Food and Drug Administration (UD-FDA)

3

Produk

Buah Plums, Nectarines, dan Pluots

4

Nama Produk dan Deskripsi

Nama Produk: Sweet 2 Eat, Sweet 2 Eat Organic, Mrs. Smittcamp’s (produk kemungkinan menggunakan nama/ merek lain tergantung distributor)
Kemasan produk : Pallet, karton, plastik

Note: Produk yang ditarik adalah produk yang dikemas oleh perusahaan di USA pada tanggal 1 Juni – 17 Juli 2014. Produk diduga mengandung Listeria monocytogenes.

 

 

 

 

5

Bahaya yang diidentifikasi

Listeria monocytogenes adalah suatu organisme yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare. infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

6

Dasar Notifikasi

-    Wawona, perusahaan packing di California, USA melakukan penarikan secara sukarela terhadap produknya yang dikemas pada tanggal 1 Juni – 17 Juli 2014. Pernarikan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan di perusahaan (company own check) dimana diduga kemungkinan terdapat kontaminasi Listeria monocytogenes. Sumber utama kontaminasi belum ditemukan dan perusahaan terus bekerjasama dengan tim ahli dan US-FDA. Untuk itu, perusahaan tidak memproduksi dan melakukan ekspor sejak tanggal 18 Juli 2014. Perusahaan melakukan penarikan terhadap seluruh produknya yang diekspor ke berbagai negara

7

Tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah

-    INRASFF NCP melakukan koordinasi dengan CCP di Kementerian Pertanian dan juga Badan POM untuk melakukan traceability, identifikasi distribusi produk di Indonesia dan produk yang beredar di pasaran.

-    Berkoordinasi dengan INFOSAN, US-FDA dan kontak poin terkait di dalam maupun di luar negeri

8

Saran ke Distributor/ pedagang

-    Distributor/ pedagang agar tidak menjual produk tersebut dan dikembalikan kepada importir serta menginformasikan kepada sekretariat inrasff via email (inrasff@pom.go.id)

9

Saran kepada Konsumen

-    Konsumen yang sudah membeli produk (seperti yang tercantum pada point.4 Nama dan Deskripsi Produk) agar tidak mengonsumsi produknya tetapi dimusnahkan. Dampak buruk khususnya terhadap wanita hamil (mengakibatkan keguguran), orang dengan sistem kekebalan lemah, anak – anak, orang sakit dan lanjut usia.

-    Konsumen yang merasakan sakit kepala, demam, pusing, sakit perut, diare setelah mengonsumsi produk tersebut (masa inkubasi 3 sampai 70 hari; rata-rata 4 sampai 21 hari) disarankan mendatangi Unit Pelayanan Kesehatan terdekat dan menginformasikan kepada sekretariat inrasff via email (inrasff@pom.go.id).

10

Informasi lebih lanjut

http://www.wawonapacking.com/ http://www.fda.gov/Safety/Recalls/ucm407605.htm


Hints : 3089

Berita Lainnya ...